Semoga Bermanfaat

Kamis, 26 Mei 2011

Jenis dan Peran Tari Tunggal Nusantara

b.      Jenis dan Peran Tari Tunggal Nusantara
1)      Jenis Tari Tunggal Nusantara
Jenis tari tunggal Nusantara yang begitu banyak pada haikatnya dapat diringkas menjadi empat kelompok, yaitu tari ritual (kesuburan), tari keprajuritan (kewiraan), tapi perang, dan tari pergaulan.
2)      Peran Tari Tunggal Nusantara
Peran dalam pengertian yang lebih luas berarti fungsi dan guna. Peran tari tunggal dapat digolongkan ke dalam 3 (tiga) kelompok berikut.
-          Pemberi motifasi (jenis tari peran).
-          Pemujaan (jenis tari ritual).
-          Pergaulan ( kerukunan, kebersamaan).

2.      Kreasi Seni Tari

a.      Menyusun Sinopsis Kreasi Tari Berdasarkan Tari Tunggal Nusantara.
Sinopsis menjadi sarana yang diharapkan memberi kejelasan pada penonton (pembaca) mengenai isi tarian yang hendak disajikan.

b.      Menampilkan Tari Kreasi
Tari kreasi adalah tari yang diciptakan dengan dasar tarian yang sudah ada sebelumnya. Setelah anda menyusun kreasi tari, anda perlu melakukan berbagai persiapan sebelumnya, antara lain melatih gerakan, kostum, musik, pengiring, dan memerlukan koreografer yang handal.
Waktu berhubungan dengan diri sendiri dan pihak lain, walaupun kita mempunyai waktu, tetapi kalau pihak lain tidak mengijinkan, maka tidak akan terjadi suatu pementasan.
Ruang lebih berhubungan dengan pihak lain, seperti panitia atau penyelenggara, meski demikian, besar keinginan kita untuk tampil di depan publik, tidaklah mungkin jika kita mempunyai ruang yang cukup untuk tempat penonton.
Pendukung adalah elemen yang penting dalam suatu pertunjukan, pendukung yang dimaksud adalah yang memenuhi persyaratan sebagai pemain dengan kualitas memadai sebagai tontonan
Dana adalah persoalan yang tidak bisa disepelekan, karena bagaimana pun juga untuk menggelar pertunjukan seni, dalam hal ini seni tari, membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar